Cara Membangun Jaringan Media Online Ala Laba-Laba

Media Online notabene adalah media kekinian yang saat ini sedang tren, tapi dapat dihitung media online yang tetap eksis dan sukses secara konsisten mengembangkannya. Mengapa hal demikian terjadi?, Membangun sebuah portal berita sebenarnya tidaklah sulit, persyaratannya tidak begitu sulit seperti perlunya perusahaan korporasi (PT) dan persyaratan jurnalis lainnya. Namun tahukah kita kesulitannya justru pada managemen SDM, serta membuat konten dan sumber berita. Memulai bisnis media online terutama dengan dana terbatas, rasanya sangat sulit untuk langsung masuk pada jajaran Website media online teratas bersaing dengan ribuan media online lainnya.

SDM menjadi slah satu faktor penting dalam mengelola Media online. Diperlukan kontributor berita yang update dan rutin mengirimkan informasi dan berita terkini. Rasanya sulit memulai karena secara matematis menghitung pengeluaran operasional yang terlalu besar dengan income yang minim. Lalu bagaimana cara membangun media Online ala jaring laba-laba?

Media Online menjadi hal yang tidak lepas dari SDM, karena kaitannya pada sumber informasi yang didapat. Semakin banyak kontributor dilapangan yang mengirim informasi kepada tim redaksi di kantor kemungkinan besar jauh lebih update.

Pentingnya Berita Update

Salah satu indikator sebuah News Portal adalah update beritanya, jika update berita terlambat, kecil sekali kemungkinan untuk menjangkau banyak pembaca. Efeknya juga berdampak tidak bagusnya trafik website sehingga Google tidak merekomendasi website Anda.

Sekarang kita ke Poin menjaring SDM, dalam membangun media dibutuhkan strategi yang smart. Anda dapat menjaring SDM setiap daerah dengan menyiapkan page khusus untuk daerah masing-masing. Misalnya kita buatkan sub domain oki.beritakita.com (khusus untuk berita Kabupaten OKI) lalu Anda cari SDM mulai dari manager, SDM yang nantinya dikelola mereka secara mandiri. Mandiri seperti apa yang kita maksud disini?

Selain dukungan teknis dan legal Perusahaan, semua dikelola mandiri oleh setiap daerah, sehingga setiap iklan yang mereka dapat adalah hak dari setiap kabupaten. Namun anda cukup menggunakan sistem fee Management, dimasa setiap iklan yang ada anda mendapat fee sebagai cost Perusahaan dan kebutuhan technical.

Namun perlu diingatkan adalah layout besar media anda, artinya visi misi yang anda berikan dapat dijelaskan dengan mereka. Sehingga akan tetap sama mulai dari cara penulisan, skema iklan dan sebagainya.

Banyak Media online di Indonesia seperti TribunnewsDetik, Viva dan Kompas terus memperluas jaringan medianya hingga ke pelosok desa. Selain menjangkau berita lebih cepat dan akurat. Manfaatnya adalah membangun jaringan besar sehingga disebut the Biggest News in Indonesia.

Dengan ini Anda dapat membangun bisnis media online dengan cara lebih cepat dan optimal. Mengapa sistem ini sangat bagus?, semakin luasnya jaringan media online, akan menjadi nilai jual yang sangat baik. Hal ini menjadi perhatian khusus setiap pengunjung, investor dan klien. Terlebih lagi semakin banyak indeks berita yang didapatkan Google. Semakin besar peluang website anda untuk memiliki rating yang bagus di pencarian google. Sehingga kemampuan media online Anda sudah memiliki nilai lebih sebagai media baru.