Mengatasi Malware Inject Website WordPress, Berikut Tips dan Cara Menghindarinya

Malware Website memang menjadi salah satu hal yang menjengkelkan, selain merusak performa website, Malware juga menjadi resiko serius jika dibiarkan. Ayo kita bahas bagaimana cara Mengatasi Malware Inject Website yang akan kita kelola pada hosting. Malware biasanya berasal dari berbagai hal, salah satunya dilakukan untuk melakukan proses hacking pada Website dengan cara menginject script malware. Jika anda pengguna Platfom wordpress hal yang paling umum terjadi ketika adanya instalasi theme atau plugins yang sengaja di inject script jahat.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan check dengan sangat mudah. Fitur-fitur ini dapat anda check di dalam hosting atu penyedia layanan hosting Anda.

Ada 3 Cara Mengatasi Malware Website:

1. Anti Virus

Setiap Server Hosting biasanya sudah iclude system keamanan Anti Virus sebagai layanan system defense, Setiap penydia layanan hosting juga menyediakan Anti Virus yang berbeda-beda. Seperti Bit Defender, kaspersky, ImmunyAV dan sebagainya. Jika sudah tersedia pada Panel Hosting anda dapat langsung melakukan scanning ebsite yang terinfeksi malware.

Pada versi antivirus tidak berbayar atau gratis, biasanya hanya akan menampilkan informasi file yang teridentifikasi file terinfeksi walware. Berikutnya kita dapat menghapus file atau mengecek apakah ada script yang tidak sesuai. Berbeda pada dengan versi Anti virus yang berbayar, setelah tampil result file yang terifeksi virus, anda tinggal memberi perintah cleaning untuk membersihkan virus.

2. Plugins

Ada beberapa website yang penyedia pengecekan script website, cara kerjanya hampir sama dengan antivirus server. Lakukan scanning untuk mengetahui apakah ada file website yang dianggap memiliki script yang tidak wajar. Ada banyak penyedia website pengecekan secara online baik vrsi gratis maupun berbayar, dimana anda dapat melakukan pengecekan lain seperti kesalahan penulisan script, status daftar hitam, dan plug in kedaluwarsa.

3. Website Security Check

WordPress sendiri sudah menyediakan berbagai Plugins Scanning Malware yang ada tersedia di website plugins wordpress atau dapat langsung melalui dashboard WordPress. Anda dapat mengecek salah satunya seperti malcure Malware Scanner & Firewall atau Wordfence Security – Firewall & Malware Scan. Semua Plugins ini bida didapat secara gratis dan ada juga yang versi berbayar.

Website Security Check

Tips Menghindari Malware

  • Hindari menggunakan template yang tidak memiliki sumber/developer yang jelas.
  • Hindari penggunaan template wordpress dan plugins versi Nulled.
  • Lakukan Scanning Website secara Berkala.
  • Sebaiknya Download template yang sudah tersedia di Platform WordPress.
  • Hindari mengunduh Plugins dari sumber yang tidak jelas.
  • Jika ada script yang mencurigakan, sebaiknya periksa dan langsung non aktfikan sementara waktu.